Teknik Lingkungan

Sejarah

Pada tanggal 10 Oktober 1962, tepatnya 45 tahun yang lalu lahirlah Departemen Teknik Penyehatan ITB di bawah naungan Fakultas Teknis Sipil dan Perencanaan. Sebagai yang pertama di Indonesia, lahirnya Departemen Teknik Penyehatan ITB tahun 1962 ini merupakan tonggak resmi berdirinya pendidikan tinggi Teknik Lingkungan di Indonesia.

 

Tahun 1984, namanya berubah menjadi Departemen Teknik Lingkungan. Semenjak 2006, seiring dengan perubahan susunan struktural akademik di ITB, Departemen Teknik Lingkungan, berubah status menjadi Program Studi Teknik Lingkungan di bawah naungan Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan.

 

Banyak sumbangsih yang telah diberikan oleh Prodi TL ITB. Terutama dalam bentuk pengembangan ilmu, teknologi dan konsep-konsep pembangunan dengan wawasan lingkungan yang kental. Bidang yang dipegang kuat oleh TL ITB adalah bidang air bersih, air buangan, pencemaran dan kualitas udara, persampahan, sanitasi lingkungan, drainase, kesehatan lingkungan.

 

Dalam bentuk sumberdaya manusia, Prodi TL ITB telah mencetak ribuan alumni. Sampai saat ini, sudah lebih dari 1500 lulusan Teknik Lingkungan ITB yang tersebar di berbagai perusahaan dan institusi baik lokal, nasional maupun internasional. Sebagai individu, alumni TL ITB telah banyak yang mencapai prestasi gemilang, memberikan yang terbaik untuk bangsa, almamater, dan tentunya untuk bidang keilmuan Teknik Lingkungan.

 

Sejak tahun 2015, BAN PT sebagai lembaga akreditasi nasional memberikan status A (nilai 392 dari 400) atau Excellent kepada Program Studi Teknik Lingkungan ITB. Demikian juga sejak tahun 2013, ABET - Engineering Accreditation Commission (http://www.abet.org) juga memberikan akreditasi kepada Teknik Lingkungan ITB dan dilakukan akreditasi ulang pada 2016.