Teknik Lingkungan

Riset

Kelompok Keahlian Pengelolaan Udara dan Limbah
Ketua : Prof.Dr.Ir Enri Damanhuri

Kelompok Keahlian pengelolaan udara dan limbah adalah salah satu dari tiga kelompok dari Departemen Teknik Lingkungan ITB, yang dikembangkan sejak transformasi ITB. Kelompok ini sejak Januari 2006 terdiri dari gabungan dari 2 laboratorium, yaitu Laboratorium Limbah B3  dan Laboratorium Kualitas Udara. Kedua Laboratorium ini telah menjadi satu-satunya laboratorium di perguruan tinggi di Indonesia yang bekerja di masalah limbah padat dan manajemen kualitas udara. Kedua Laboratorium ini sekarang menjadi infrastruktur utama yang mendukung kegiatan kelompok keahlian ini untuk pendidikan, penelitian dan pekerjaan profesional lainnya.

 

Kelompok Keahlian Rekayasa Air dan Limbah Cair
Ketua : Dr. Ing. Ir. Prayatni Soewondo, MS

Kelompok keahlian rekayasa Air dan limbah cair didirikan pada tahun 2006 sebagai penggabungan antara mantan kelompok Teknik air dan Rekayasa limbah air di bidang teknik lingkungan. Kelompok ini memiliki visi untuk menjadi lebih tinggi dan pusat dari pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam air dan limbah cair dan bersama-sama dengan kelompok penelitian lain di bidang ini membawa ITB menjadi pusat keunggulan dalam teknik lingkungan di Asia. Misinya adalah untuk membimbing perkembangan dan perubahan yang dilakukan oleh masyarakat melalui inovatif dan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat khususnya di bidang air dan limbah cair, dan tanggap terhadap perkembangan global dan tantangan lokal. 

 

Kelompok Keahlian Teknologi Pengelolaan Lingkungan
Ketua : Prof. Dr.Ir. Arwin, MS

Kelompok keahlian Teknologi Pengelolaan Lingkungan didirikan pada tahun 2006 sebagai hasil penggabungan antara kelompok Pengelolaan Lingkungan dan Kesehatan Lingkungan (di bidang teknik lingkungan ada sebelumnya enam kelompok penelitian, yaitu Kelompok Keahlian Pengelolaan Lingkungan, Kelompok Keahlian Teknologi Pengolahan dan Penyediaan Air, Kelompok Keahlian Pengolahan Limbah Cair, Kelompok Keahlian Pengendalian Polusi Udara, Kelompok Keahlian Teknologi Limbah Padat, dan Kelompok Keahlian Kesehatan Lingkungan)