Teknik Lingkungan

Laboratorium

 

LABORATORIUM KUALITAS AIR
Ketua: Qomarudin Helmy, MT

Sebagai laboratorium tertua air di Indonesia, Kualitas Air Laboratorium (WQL), yang didirikan pada tahun 1935, menyediakan beberapa layanan dalam analisis kualitas air dan air dan pengolahan air limbah. WQL telah menjadi air dan limbah air Kualitas Laboratorium Pengkajian sejak tahun 2003 yang terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional. Sejak tahun 2007, WQL memiliki dua divisi yang Air Laboratorium dan Lingkungan Laboratorium Mikrobiologi.

 

LABORATORIUM TEKNIK PENGOLAHAN AIR
Head: Ir. Yuniati, MT, Ph.D

Laboratorium Teknik Pengolahan Air sebelumnya dikenal sebagai Laboratorium Hidrolik dan Hidrologi Lingkungan yang didirikan pada tahun 1978. Pada awalnya, laboratorium didirikan sebagai laboratorium mengajar. Seiring dengan perubahan organisasi di ITB, laboratorium berubah nama menjadi Pengolahan Air Laboratorium Teknik untuk mengembangkan bidang penelitian. Laboratorium ini didukung oleh fakultas Teknik Lingkungan dan peneliti, teknisi, dan beberapa asisten laboratorium (kebanyakan adalah mahasiswa sarjana di tahun terakhir).

 

LABORATORIUM KUALITAS UDARA
Head: Ir. R. Driejana, M.SCE. Ph.D

Laboratorium Kualitas Udara didirikan pada tahun 1976 sebagai respon terhadap perkembangan akademik dan penelitian tentang kualitas udara dan pengendalian polusi dalam Departemen Teknik Lingkungan di Institut Teknologi Bandung. Saat ini, Laboratorium Kualitas Udara juga melakukan pelayanan kepada sektor publik dan swasta dalam melakukan penelitian seperti kualitas udara ambien serta pengukuran dan pemantauan emisi polutan industri.

 

LABORATORIUM BUANGAN PADAT DAN B3
Head: Emenda Sembiring, ST, MT, M.Eng, Ph.D

Laboratorium Buangan Padat dan B3 sebelumnya bernama Laboratorium Buangan Padat yang didirikan pada tahun 1987. Laboratorium ini dapat dinyatakan sebagai laboratorium universitas pertama di Indonesia yang mengkhususkan diri dalam analisis Limbah padat dan berbahaya. Pada awalnya, laboratorium khusus menangani limbah padat, namun, seiring dengan meningkatnya klaim ke laboratorium ini, juga terlibat dalam analisis limbah padat, lumpur dan limbah B3 setelah (menurut PP 18/1999 jo PP 85/1999 ). Selain melaksanakan tugas dan penelitian akademis, sesuai dengan Tridharma Universitas, laboratorium juga menyediakan layanan dan analisis komersial.

 

INDUSTRIAL HYGIENE AND TOXICOLOGY LABORATORY 
Head: Dr. Ir. Dwina Roosmini, MS

Laboratorium Hygiene Industri dan Toksikologi didirikan pada tahun 1976 sebagai respon untuk mengatasi tantangan kebutuhan masyarakat untuk keahlian dalam identifikasi, evaluasi, dan pengendalian fisik, kimia, biologi, atau faktor ergonomis kesehatan kerja serta aspek toksikologi nya. Seiring dengan perkembangannya, saat ini, laboratorium memiliki beberapa bidang seperti Hygiene Industri dan Toksikologi, Sanitasi Makanan dan Minuman, serta pengendalian vektor penyakit.